Berbeda, Ini Cara Kartika Putri Mendidik Anak

Setia orang tua tentunya memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak, ada yang suka memanjakan, namun ada pula yang punya sifat tegas untuk mendisiplinkan. Semua itu sama saja didasarkan pada rasa sayang.

Sama halnya dengan pasangan Kartika Putri dan juga suaminya, Habib Usman bin Yahya. Mereka menerapkan peraturan tegas untuk mendidik keempat anaknya.

image: youtube.com/DENNYCAGURTVofficial

Dilansir pada laman Youtube channel Denny Cagur TV, Kartika Putri dan suami mengungkapkan cara mereka mendidik keempat buah hatinya, salah satunya dengan tidak memberikan fasilitas handphone dan juga tidak boleh menonton televisi.

“Pertama, handphone itu di dalamnya penuh dengan kemaksiatan, ketika dia tidak bisa mengartikan, karena mereka gak bisa kontrol. Ketika dia main game¸dia sibuk main game, otaknya cuma game, akhirnya males sholat, males ibadah dan lain sebagainya,” ujar Habib.

Baca juga  Chevie Mawarti Sosok Penggiat Kerajinan Ibukota

Pasangan suami istri ini juga beranggapan bahwa seorang anak jangan selalu dimanja, karena tidak akan berbuah baik dikemudian hari.

Kartika juga sempat bercerita bahwa awalnya ia lumayan susah untuk memberikan pengertian tersebut kepada anak pertama. Meningat umurnya yang memang sudah memasuki masa remaja. Namun dirinya tetap bisa merangkul sang anak untuk bisa mengerti tentang hal tersebut.

“Mereka akhirnya sama aku tuh nurutnya Masya Allah,” ujar Kartika.

Ketika ditanya apakah Kartika dan suami tidak takut nantinya anak-anak akan menjadi kurang pergaulan karena banyaknya batasan yang diberikan? Secara tegas mereka menjawab tidak takut, karena semua ada waktunya.

“Ada waktunya, jadi informasinya dari kita. Kita selalu ngobrol. Di tiga waktu jam makan itu momen kita ngobrol. Risikonya yaitu, sehari-hari kita diikutin terus sama anak-anak, ditanyain terus sama anak-anak terus sama anak-anak.” kata Kartika.

Baca juga  Potret Bahagia Artis Umumkan Kehamilan, Ada Nagita dan Aurel!

“Aku ni Masya Allah dikasih kepercayaan sama Habib dan ibunya anak-anak, dan aku mau jaga kepercayaan itu bikin mereka nyaman. Jadi kalo akum au ngelakuin sesuatu, ya harus tanggung jawab. Kalo enggak ya aku bilang nggak sanggup” tambah Kartika.

Selain itu, Kartika membebaskan anak-anaknya berekrepesi apapun selama masih di dalam rumah. Tapi dirinya berujar untuk tidak pernah memanjakan anak-anaknya dengan terus memberikan mainan. Minimal ada hal-hal kecil yang harus dilakukan sang anak agar keinginannya si anak tercapai, yakni menyetorkan hapalan ayat Al-Quran.

Kartika Putri dan suaminya memegang sebuah pedoman yang kuat dalam mengurus anak-anaknya, pedoman tersebut adalah “dikasih belum tentu disayang, disayang belum tentu dikasih”. (AA)

Translate »