Ajari Tauhid Pada Anak Sejak Kecil, Ini Manfaatnya!

Seorang anak adalah titipan dari Allah SWT yang harus selalu kita jaga dan rawat dengan baik. Tentunya, yang paling penting adalah menanamkan nilai-nilai islam kepada mereka sejak kecil, termasuk mengajarkan tauhid.

Tauhid ibarat merupakan sebuah pohon. Melansir wahdadh.or.id, Allah SWT berfirman.

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ اَصْلُهَا ثَابِتٌ وَّفَرْعُهَا فِى السَّمَآءِ ۙ

“Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya (menjulang) ke langit,” (QS. Ibrahim 14: Ayat 24)

Bagaikan selembar kertas putih yang sangat bersih, tentu anak akan lebih mudah menyerap apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Jika orang tua selalu mengisinya dengan kekeliruan, tentu seorang anak akan mengikutinya. Namun jika selalu diisi dengan hal-hal baik, tentu akan menghasilkan anak yang sholeh dan sholehah.

Baca juga  Hotel Kapsul Dan Hostel Yang Berada Di Jakarta

Menurut Ustadz Khalid Basalamah yang dikutip dari salah satu laman videonya di Youtube, sangat penting untuk mengajarkan tauhid kepada anak sedari kecil. Karena menurutnya, agama adalah pondasi hidup. Sebuah kewajiban dan bukan pilihan.

Tidak masalah jika Anda sebagai orang tua masih memiliki urusan dengan duniawi, namun jangan pernah lupakan agama. Jangan pernah lupa untuk selalu imbagi anak Anda dengan ilmu agama. Karena sesungguhnya, ilmu merupakan sebuah hal yang penting untuk kehidupannya kelak.

Baca juga  Hukum Tidur Sore Menurut Islam

Berkahi selalu jiwa kita dengan ilmu. Karena keduanya sangatlah berhubungan. Ilmu dan iman membasahi tubuh seorang manusia, layaknya seperti orang yang habis mandi.

Walaupun fisik kita sehat namun memiliki jiwa yang sakit, percuma. Sebaliknya, jika jiwanya sehat namun fisiknya sakit, tentu akan lebih sabar dalam menjalakan kehidupan. Karena jiwanya kuat.

Ustadz Khalid Basalamah juga menyampaikan bahwa sebagai orang tua harus juga mengubah cara penyampaian kepada sang anak terkait dengan sesuatu yang baik dan yang buruk dengan mengenalkannya pada hukum Allah SWT. Hal ini tentunya agar lebih baik dan efektif. (AA)

Translate »