5 Manfaat Jinten Hitam yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini banyak produk kecantikan yang mengandung jinten hitam atau habbatussauda yang mampu mengatasi masalah pada kulit wajah. Rempah ini sudah dikenal sejak tahun 2000-3000 tahun sebelum masehi. Jinten hitam berasal dari tanaman nigella sativa berupa butiran hitam dengan ukuran yang sangat kecil. Ini adalah tanaman kecil dengan bunga berwarna ungu pucat, biru, atau putih yang tumbuh di Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah.

Menurut sebuah penelitian, jinten hitam memiliki kandungan vitamin, asam amino, protein, asam limonet, natrium, dan masih banyak lagi kandungan di dalamnya.

Kandungan yang terdapat pada jinten hitam dipercaya bisa membantu menyembuhkan penyakit, seperti mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Selain beguna bagi kesehatan tubuh, jinten hitam juga mampu untuk mengatasi masalah kulit yang harus Scarf Lover tahu. Berikut manfaat jinten hitam yang berguna untuk kecantikan.

1. Facial Scrub

image: freepik

Butiran jinten hitam yang kecil dan halus bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit tubuh atau wajah Anda. Scrub yang terbuat dari jinten hitam mampu untuk membersihkan pori-pori kulit Anda dari debu dan kotoran serta dapat membantu mengecilkan pori-pori yang besar. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda bisa mencampur jinten hitam dengan sabun pencuci wajah yang Anda punya. Gosok secara perlahan bada bagian yang Anda inginkan lalu bilas dengan menggunakan air berish mengalir.

Baca juga  Mengapa Tidur ke Sisi Kiri Disebut Ideal Untuk Ibu Hamil?

2. Menutrisi Kulit

image: pexels

Terdapat kandungan antioksida, dan vitamin E, dan asam limonet yang terkandung didalam jinten hitam yang dapat menutrisi kulit Anda. Kandungan yang terdapat pada jinten hitam juga bisa membantu memperbaiki sel-sel kulit, yang rusak karena radikal bebas. Antioksidan yang terdapat di dalam jinten hitam juga bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

3. Mengatasi Jerawat

image: pixabay

Jerawat adalah momok untuk hampir seluruh perempuan dunia. Sebelum jerawat datang, ada baiknya kita mencegah dengan menggunakan masker alami jinten hitam. Cara pembuatan masker ini yaitu dengan cara menumbuk jinten hitam dengan madu atau minyak zaitun sampai halus. Kemudian oleskan secara merata pada seluruh wajah. Biarkan sampai beberapa menit, terakhir bilas dengan air bersih.

Baca juga  Bioskop di Jakarta Mulai Beroperasi Kembali di Masa PSBB Transisi

4. Merawat Rambut Rontok

image: pexels

Rambut rontok jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kebotakan yang tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri dan menggangu penampilan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan jinten hitam, pijat kulit kepala secara lembut dan merata pada seluruh bagian kepala. Kemudian, biarkan selama beberapa saat agar bisa menyerap ke dalam pori-pori kulit kepala. Terakhir, cuci rambut hingga bersih dengan mengguanakan shampoo yang biasa Anda gunakan dirumah.

5. Mencegah Penuaan Dini

image: pixabay

Manfaat jinten hitam yang terakhir ialah dapat mengatasi penuaan dini pada kulit. Penuaan dini yang dialami kulit ditandai dengan munculnya kerutan-kerutan halus diwajah, munculnya noda hitam dan, kurangnya elastisitas pada kulit wajah Anda.

Penuaan dini bisa disebabkan karena sering terkena paparan sinar matahari, polusi, debu dan radikal bebas. Kandungan yang terdapat di dalam jinten bisa membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. (DA)

Translate »