Tidak Hanya Menyenangkan, Ternyata Bermain Membantu Tumbuh Kembang Anak

Selama ini masih banyak orang tua yang menganggap bahwa kegiatan bermain anak hanya sebatas mencari kesenangan. Padahal ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari bermain. Salah satunya untuk membantu tumbuh kembang anak.

Bersamaan dengan Hari Anak Nasional, Paddle Pop mengajak para orang tua untuk kembali memahami seberapa penting bermain untuk anak sehingga mereka dapat membebaskannya bermain dan juga meluangkan waktu bermain bersama.

Memoria Dwi Prasita selaku Head of Marketing Ice Cream, Unilever Indonesia berujar bahwa Paddle Pop percaya segala sesuatu yang baik dapat dimulai dengan bermain. Sejalan dengan brand purpose & campaign #PaddlePopMainYuk.

Terkait dengan manfaat bermain sebagai tumbuh kembang anak, menurut Ana Surti Ariani sebagai seorang psikolog dan juga Ketua Ikatan Psikologis Klinis Jakarta mengungkapkan bahwa bermain juga dapat memperkaya wawasan tentang solusi masalah, meningkatkan rasa keberhasilan, mengasah koordinasi motorik dan mengasah kempuan sosial.

image: unilever

“Terdapat tiga konsep penting seputar dunia bermain anak. ‘Mainan’ yaitu alat yang digunakan, bisa merupakan hasil karya anak. Lalu, ‘permainan’ yaitu aktivitas yang diciptakan, bisa membutuhkan mainan ataupun tanpa mainan. Dan, ‘bermain’ yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan dan memberikan banyak manfaat bagi anak. Yang betul-betul memberikan manfaat buat anak bukanlah mainan atau permainan, namun proses bermain yang dilakukan anak. Orang tua bisa membantu anak untuk menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya,” ujar Ana Menambahkan.

Baca juga  Wardah #BeautyMovesYou Global Movement To Dubai
image: unilever

Di tengah keadaan yang mengharuskan kegiatan belajar dilakukan secara virtual, membuat Artika Sari Devi sadar bahwa momen bermain menjadi sangat penting untuk dilakukan. Mengingat kegiatan belajar dilakukan selalu on screen, maka menurut ibu dari dua orang anak ini kegiatan bermain dibutuhkan untuk mengurangi screen time sang anak.

“Kami paham betul pentingnya bermain dan mereka pun berdua butuh bermain. Untuk itu, kami sudah mengatur jadwal mereka seperti waktu istirahat, bermain, belajar, berkumpul bersama dan lainnya dengan proporsi yang cukup, terutama saat sekolah virtual. Kami ada ruang bermain khusus untuk anak-anak dimana mereka biasanya bermain DIY menggunakan barang bekas yang ada di rumah, role play & dress up sebagai princess, dan hindari bermain gadget. Kami bebaskan mereka mau bermain apa saja, karena dengan bermain saya paham ada manfaat yang mereka dapatkan,” tambah Artika.

Baca juga  4 Spot Foto Di Maroko Yang Instagramable

Artika juga bercerita bahwa saat bermain apa pun bisa menjadi stimulus kreativitas termasuk jajanan. Maka dari itu ia memilih Paddle Pop sebagai jajanan yang disukai anaknya. Karena es krim Paddle Pop memiliki bentuk, rasa dan kemasan yang bisa dijadikan sumber inspirasi untuk bermain.

“Paddle Pop merupakan es krim yang baik untuk anak karena dibuat dengan bahan-bahan berkualitas seperti susu dan buah yang dikenal memiliki banyak kebaikan, serta standar nutrisi yang dirancang khusus untuk anak dengan jumlah kalori, lemak dan gula yang pas dengen kebutuhan mereka. Ini bisa dilihat di tabel nutrisi di depan kemasan Paddle Pop sehingga membantu orang tua untuk memilih produk yang lebih baik untuk anakanak mereka. Semoga perayaan Hari Anak Nasional 2020 dengan tema #AnakGembiradiRumah, bisa jadi momentum yang tepat bagi orang tua untuk menyadari pentingnya manfaat bermain, memberikan waktu yang cukup untuk bermain sehingga mereka lebih gembira di rumah,” tutup Memoria (AA)

Translate »