Segera Tinggalkan Skincare Baru Jika Anda Mengalami Hal Ini!

350

Terlalu gembira setelah membeli skincare baru memanglah wajar. Namun, Anda juga harus tahu bahwa skincare yang baru saja Anda beli belum tentu cocok pada kulit. Beberapa tanda akan muncul saat Anda menggunakan skincare yang salah. Lalu apa saja tanda produk skincare yang Anda pakai tidak cocok?

Melansir cosmopolitan, berikut tanda yang dapat Scarf Lover rasakan saat skincare yang baru digunakan ternyata tidak cocok pada kulit.

1. Timbulnya Jerawat

image: pixabay

Inilah salah satu masalah paling umum yang timbul saat Anda mengubah perawatan kulit. Menurut para ahli, kulit wajah membutuhkan sekitar 2-3 minggu untuk beradaptasi dengan produk baru, maka jerawat yang timbul akan hilang setelahnya. Namun jika breakout yang terjadi cukup parah dengan tiga jerawat atau lebih, kulit kamu sedang memberikan pertanda. Coba ganti produk dengan kandungan minyak yang lebih rendah atau yang terdapat keterangan non-comedogenic.

2. Kulit Terasa Kencang dan Panas

image: pexels

Jika Anda merasa kulit wajah Anda seperti ditarik dan merasakan panas setelah mengaplikasikan produk skincare, ini merupakan salah satu reaksi sensitif kulit terhadap salah satu kandungan dalam skincare baru Anda. Segeran hentikan pemakaian jika ini terjadi. Anda bisa segera menggunakan toner agar kulit wajah kembali tenang.

3. Mengalami Ruam Kulit

image: pexels

Ruam kulit biasanya muncul akibat paparan pengawet, pengharum, dan zat kimia lainnya yang mengiritasi kulit Anda. Maka dari itu, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu produk tersebut pada area lain kulit Anda seperti punggung tangan. Jika muncul ruam dan reaksi lainnya, artinya produk skincare tersebut tidak cocok untuk Anda.

4. Kulit Terlihat Rusak

image: freepik

Menggunakan produk skincare yang mengandung bahan eksfoliasi seperti Vitamin C juga bisa membuat kulit reaktif. Apabila kulit Anda menerima, tentu akan memberikan hasil yang maksimal. Namun bila wajah menjadi semakin parah, Anda bisa langsung hentikan pemakaian karena kulit tidak cocok dengan kandungan tersebut.

5. Keadaan Kulit Tidak Berubah

image: pexels

Jika skincare yang Anda gunakan tidak memberikan efek pada kulit, bisa jadi skincare tersebut tidak cocok lho, Scarf Lover. Saat mencoba produk baru dan kulit tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi, gunakan terus hingga satu bulan untuk melihat hasilnya. Jika kulit wajahmu tetap kusam atau berjerawat, sebaiknya konsultasi ke ahli dermatologi untuk mencari tahu lebih banyak tentang perawatan yang dibutuhkan kulit Anda.

Berhati-hati saat mencoba skincare baru ya, Scarf Lover. Agar kejadian yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak terjadi pada Anda. (DA)