Sambut Idul Adha, Begini Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk

Menjelang Idul Adha, tidak sabar rasanya untuk segera megolah daging kambing. Idul Adha memang selalu identik dengan masakan serba daging. Terutama daging kambing, selain rasanya yang enak, daging kambing harus menjalankan proses yang panjang sebelum dimasak. Mulai dari menghilangkan baunya yang sangat tidak sedap sampai mengolahnya agar empuk dimakan.

Daging kambing biasanya akan diolah menjadi tongseng, sate, dan gulai. Namun jangan sampai keliru, karena pengolahan yang salah juga akan membuat rasa nikmatnya hilang.

Berikut ini Scarf Media akan membagikan cara mengolah daging kambing agar tidak bau dan empuk

1. Tidak dicuci

Cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau adalah dengan tidak mencucinya. Ketika mencuci daging kambing, justru akan membuat bau amisnya semakin menyengat. Bahkan bisa berdampak pada daging yang memiliki tekstur sangat alot. Cara ini berlaku untuk pengolahan apa saja, termasuk sate kambing dan tongseng kambing.

Baca juga  Manfaat Daun Sirsak Beserta Efek Sampingnya

2. Memotong Daging

Sebelum mengolah daging kambing, sebaiknya Anda memotongnya terlebih dahulu. Caranya adalah memotongnya berlawanan dengan arah serat daging. Memotong daging sesuai arah serat justru akan membuatnya sulit dikunyah.

3. Membungkus Daging

Agar daging kambing tidak alot, Anda bisa membungkusnya dengan daun pepaya. Selain membuat tekstur daging menjadi lebih lembut, daun pepaya juga bisa mengatasi bau yang kurang sedap pada daging kambing. Selian menggunakan daun pepaya, Anda bisa membungkusnya bersama dengan buah nanas. Nanas dikenal ampuh membuat daging kambing lebih cepat empuk. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Jika sudah, balurkan pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam.

Baca juga  Resep Nasi Kuning Ayam di New York Street Food

4. Membuang Lemak

Membuang lemak sangat penting untuk dilakukan. Selain demi kesehatan pencernaan, hal ini juga ampuh agar daging kambing menjadi empuk dan tidak bau. Karena, sebagian besar aroma menyengat daging kambing berasal dari lapisan lemaknya.

Buang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan cara mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

5. Menyimpan Daging dengan Benar

Penyimpanan daging kambing yang salah akan berpengaruh pada bau dan tektur saat dimasak. Anda dapat menyimpannya dalam freezer di dalam wadah kedap udara yang akan membuatnya bertahan lebih lama. Jangan lupa untuk memisahkannya dengan jeroannya agar tidak membuat daging semakin bau. (DA)

Translate »