Obat Rumahan Jadi Solusi Saat Sakit Pinggang Selama WFH

Duduk terlalu lama saat bekerja dari rumah membuat beberapa gangguan rawan timbul di daerah pinggang. Hal ini bisa terjadi karena postur duduk yang salah. Duduk dalam posisi membungkuk dapat menyebabkan ketegangan pada cakram yang melindungi tulang belakang.

Selain posisi duduk yang salah, sakit pinggang saat bekerja juga bisa disebebkan oleh faktor lain seperti ketegangan otot saat sedang melakukan peregangan yang berlebihan. Ketegangan juga akan membuat punggung Anda kaku dan sulit bergerak.

Di tengah keadaan pandemi seperti saat ini membuat Anda merasa takut jika harus berkonsultasi ke dokter untuk memeriksakan punggung yang sakit. Tapi Scarf Media akan membagikan cara untuk meredakannya dengan menggunakan obat rumahan yang mudah didapat seperti yang dilansir oleh healthline.

1. Gunakan Es Batu

Baca juga  Pilihan Model Tunik yang Harus Anda Miliki
image: freepik

Rasa dingin dari es batu dapat  mengurangi peradangan yang mungkin memengaruhi punggung Anda. Kompres es sekitar 20 menit, lalu lepaskan. Anda dapat melakukannya setiap jam atau lebih.

2. Gunakan Bantal Pemanas

image: freepik

Setelah peradangan terkendali dengan kompersan es batu Anda bisa menggunakan bantal pemanas untuk memulihkan pinggang. Hal ini dapat menyembuhkan karena hawa panas dari batal yang Anda gunakan membuat aliran darah pada punggung kembali lancar.

3. Pijat Perlahan Pada Bagian yang Nyeri

image: pixabay

Dengan memijat otot yang sakit dengan gerakan perlahan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengendurkan dan menghilangkan rasa sakit. Sebuah studi menemukan bahwa terapi pijat bersama dengan perawatan tradisional efektif untuk mengurangi sakit punggung, meningkatkan fungsi punggung, mengurangi penggunaan obat anti-inflamasi, dan mengurangi rebahan di kasur. Untuk tindakan pijat, Anda bisa meminta bantuan kepada rekan Anda atau ke tempat panti pijat.

Baca juga  5 Manfaat Kesehatan Jadi Vegan

4. Lakukan Yoga

image: freepik

Yoga dikenal karena kemampuannya untuk meregangkan dan memperkuat tubuh. Banyak program memungkinkan untuk modifikasi pose sesuai kebutuhan. Ada beberapa contoh peregangan yang dipercaya dapat mencegah sakit punggung, yakni berjalan di tanah datar, backbends berdiri, pose kobra, dan press-ups. Peregangan juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan menguatkan otot-otot yang membutuhkan bantuan. Setiap kali Anda mulai melakukan peregangan, lakukanlah secara perlahan

Empat langkah diatas bisa menjadi pertolongan pertama saat sedang mengalami sakit pinggang. Namun jika nyeri dirasa sangat belebihan dan tidak bisa tertahan, segera hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut. (DA)

Translate »