Manfaat Lain dari Sisir

Tahukah Anda bahwa sisir yang setiap hari Anda gunakan ternyata dapat mempengaruhi pertubuhan rambut? Sisir merupakan alat perawatan rambut yang paling dasar yang biasa digunakan sehari-hari. Namun tidak banyak orang memperhatikan kegunaan sisir yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

Kali ini, Scarf Media akan membantu Anda untuk memilih sisir yang baik dan memahami penggunaan sisir tepat agar rambut Anda tetap sehat dan terawat.

Sisir yang baik digunakan untuk rambut, memiliki meterial bahan yang terbuat dari kayu bergigi lebar. Ujung yang lebar dari sisir kayu membantu memberikan efek pemijatan yang tepat pada kulit kepala Anda, sehingga tidak menimbulkan gesekan yang dapat merusak kulit kepala Anda. Bagi Anda yang memiliki tipe rambut yang keriting, sisir bergigi lebar merupakan alat yang bagus karena biasanya tipe rambut seperti ini sangat sulit untuk dirawat.

image: freepik: freepik

Pengunaan sisir yang salah juga dapat menimbulkan reaksi negatif untuk rambut maupun kulit kepala. Jangan terlalu sering ataupun terlalu sedikit menyisir rambut. Jika Anda menyisir rambut terlalu sedikit, maka rambut akan kusut, sehingga menyebabkan rambut rontok dan patah. Di sisi lain, jika terlalu sering menyisir rambut, akan membuat rambut Anda kering dan kulit kepala lebih berminyak. Idealnya, seseorang harus menyisir antara 3 hingga 8 kali berdasarkan kebutuhan rambut Anda.

Baca juga  Mengenal Lebih Dalam Bermacam Produk Untuk Bibir
image: freepik

Berikut adalah petunjuk sederhana yang bisa Anda gunakan saat menyisir rambut Anda.

1. Pastikan bahwa sisir yang Anda gunakan tidak memiliki gigi yang runcing. Sisir dengan rambut runcing akan membuat kulit kepala rusak dan membuat rambut menjadi

2. Gunakan hanya sisir kayu dan jangan pernah memakai dari bahan karet, besi atau plastik. Jangan menarik atau mencabut rambut.

3. Jangan menyisir rambut dalam keadaan yang basah, karena akan lebih mudah mengelami patah. Tunggu rambut sampai setengah kering atau benar-benar kering sebelum menata rambut Anda.

4. Jika Anda memiliki rambut yang lurus atau bergelombang, gunakanlah sisir bergigi jarang. Tunggu sampai semunya kering sebelum kembali ditata.

5. Jika Anda memiliki rambut yang keriting, gunakan sisir bergigi lebar dan berbahan kayu. Sisir dengan lembut saat rambut Anda setengah kering. Hal ini akan membantu rambut Anda agar tetap keriting dan mengurangi kerusakan.

Baca juga  Cara Membuat Alis Feathery dengan Menggunakan Sabun

6. Jika Anda memiliki rambut panjang yang tebal, Anda bisa menyisir dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian. Dengan cara ini akan memudahkan Anda dalam menata rambut dan menhindari kerusakan.

7. Jangan berbagi sisir untuk mencegah infeksi yang ditularkan dari orang lain. Cuci sisir secara teratur, terutama jika orang lain telah menggunakannya.

8. Jangan biarkan rambut yang patah atau rontok tertinggal di dalam sisir Anda. Segera bersihkan sisir dari rambut. Cuci sisir Anda setidaknya sebulan sekali untuk menghilangkan minyak, produk rambut, debu, dan residu lain yang tersisa dari sisir.

9. Gunakan air hangat untuk memberihkan sisir, tambahkan shampo sedikit lalu bilas dengan bersih. Anda juga bisa menggunakan sikat gigit bekas untuk membersihkan sisir agar maksimal.

10. Ganti sisir Anda enam bulan sekali.

Demikian tips yang bisa Scarf Lover terapkan dalam merawat rambut. Selamat mencoba! (DA)

Translate »