Ciri-ciri Orang Sombong yang Tidak Disadari

Setiap manusia rasanya tidak mungkin jika tidak memiliki sifat sombong. Apalagi disaat kita mendapatkan sebuah hal yang mungkin saja tidak bisa didapat orang lain, ada rasa agar orang lain juga harus ikut mengetahuinya.

Padahal, jika kita melihat lebih dalam, tidak ada gunanya untuk menyombongkan diri. Seperti yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Homsani pada kajiannya di acara Muslimah Creative Online Fest 2020, bahwa bukan manusia yang hebat, melainkan masih ada Allah SWT yang sedang menutup aib kita.

Ustadz Ahmad juga menjelaskan bahwa orang sombong memiliki dua sifat, yakni terhadap dirinya ia tinggikan, namun terhadap orang lain, ia merendahkan.

Namun jika bicara soal ciri-ciri, sebenarnya apa saja ciri-ciri dari orang sombong? Karena mungkin saja kita pernah melakukan hal ini tanpa kita sadari.

Baca juga  Ceramah Mamah Dedeh Soal Islam Memuliakan Perempuan di Muslimah Creative Day 2020

1. Merasa Diri Ini Paling Baik

Orang yang sombong selalu merasa dirinya lebih baik dan lebih mampu daripada orang lain. Ia merasa bahwa apapun yang ia kerjakan sudah pasti hasilnya akan baik dibandingkan dengan orang lain.

2. Tidak Mau Mendengar Nasihat Orang Lain

Karena diri sudah merasa paling baik dibanding orang lain, kemudian akan muncul hal yang sangat disayangkan, ia tidak mau mendengar nasihat orang lain. Misalnya di dalam keluarga, ia tidak mau menerima nasihat dan masukan dari orang tua, dari adik atau kakaknya. Padahal ridho Allah SWT terletak pada ridho orang tua. Sayangnya orang seperti ini sudah merasa dirinya paling hebat.

3. Orang yang Terlalu Senang dengan Pujian

Baca juga  Nindy Gita Sary, Perempuan Penuh Kejutan di Hijab Squad

Ciri-ciri orang sombong adalah ia sangat senang untuk dipuji, saat dipuji ia merasa dirinya paling sempurna dan paling tinggi. Karena sejatinya, hakikat semua hal yang kita lakukan bukan karena kita yang hebat, tetapi semua itu terjadi karena izin Allah.

Ketiga hal diatas merupakan ciri-ciri dari orang yang sombong. Apakah Scarf Lovers pernah melakukan salah satu dianatara ketiganya? Semoga kita semua selalu dihindarkan dari ciri-ciri diatas dan Allah selalu menghilangkan sifat sombong dari diri kita.

Karena, buat apa kita sombong? Semua hal di dunia ini milik Allah, kita hanya dititipkan sebagian. Titipan ini yang harus kita jaga. Artinya, tidak ada gunanya untuk kita menyombongkan diri pada sesama manusia. (AA)

Translate »