5 Rekomendasi Tempat Wisata di Era New Normal

Setelah beberapa minggu melakukan PSBB, akhirnya kita dapat kembali beraktivitas di masa transisi. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang terkena dampak negatif selama pandemi Covid-19. Banyak tempat wisata tepaksa menutup usahanya bahkan merugi selama masa PSBB.

Setelah kebijakan Pemerintah terkait new normal diumumkan, banyak tempat pariwisata mulai mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, NTT, dan Yogyakarta merupakan daerah yang menyediakan beberapa lokasi wisata yang sudah menerapkan standar kesehatan bagi pengunjung yang akan memasuki area wisata.

Bagi Scarf Lover yang sudah menantikan liburan sekian lama, dibawah ini Scarf Media akan memberikan rekomendasi lokasi wisata yang bisa dikunjungi selama new normal.

1. Taman Wisata Goa Sunyaragi, Cirebon

image: jejakpiknik.com

Taman Wisata Goa Sunyaragi merupakan salah satu cagar budaya yang berada di kota Cirebon, Jawa Barat. Dengan luas sekitar 15 hektar, Taman Wisata Goa Sunyaragi merupakan sebuah taman air yang pada zaman dahulu dikeliling oleh Danau Jati. Terdapat mitos yang beredar bagi perempuan yang belum mendapatkan pasangan dilarang untuk menyentuh salah satu patung batu bernama Perawan Sunti. Konon jika ada yang melanggar, maka dipercaya akan sulit mendapatkan jodoh.

Setelah hampir 4 bulan di tutup karena wabah pandemi Covid-19 akhirnya Taman Wisata Goa Sunyaragi dapat beroperasi kembali. Setelah sebelumnya pihak pengelola Taman Wisata Goa Sunyaragi melakukan kegiatan bersih-bersih. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer. Namun demikian, pihak pengelola Taman Wisata Goa Sunyaragi sudah menyiapkan hand sanitizer di sejumlah titik lokasi seperti di pintu masuk loket dan tempat cuci tangan yang tersedia di lokasi wisata.

Baca juga  Inspirasi Tunik dari Dwi Handayani

2. Lereng Anteng Panoramic Coffee, Bandung

image: hipwee.com

Bagi Anda yang merindukan suasana menikmati secangkir kopi dengan pemandangan perbukitan memang sangat pas jika Anda berkunjung ke Lereng Anteng Panoramic Coffe yang berlokasi di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lereng Anteng Panoramic Coffee menawarkan bebagai sajian makanan ringan seperti kue cubi dan aneka minuman kopi yang bisa anda nikmati dengan harga terjangkau. Selain dapat menikmati pemandangan perbukitan, terdapat spot instagramable yang bisa kamu abadikan bersama teman dan keluarga. Kini lokasi favorit banyak orang untuk bersantai menikmati pemandangan perbukitan sudah beroperasi kembali sejak bulan lalu akibat dampak Covid-19. Demi menjaga kesehatan seluruh pengunjung yang datang Lereng Anteng Panoramic Coffee mengurangi jam orasional yang sebelumnya 08.00-22.00 kini menjadi 08.00-17.00.

3. Pantai Ngentun, Yogyakarta

image: jejakpiknik.com

Salah satu pantai di Yogyakarta yang menawarkan pasir putih yang halus dan bebatuan tebing yang eksotis ini sudah menerima kembali kunjungan wisatawan selama masa transisi. Dengan tarif Rp 0, Anda bisa menikmati pemandangan pantai dan perbukitan hijau yang keindahannya sulit diungkapkan dengan kata. Untuk berkunjung ke pantai ini Anda harus menyiapkan kendara dengan kondisi prima karena jalan yang akan dilalui tidak begitu bagus dikhawatirkan akan merusak beberapa bagain kendaraan.

Dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, kini baik pengunjung dan pengelola pantai wajib mematuhi semua aturan yang berlaku dengan tetap menjaga jarak aman selama berada di lokasi pantai.

4. Pantai Thomas, Bali

image: jonnymelon.com

Selain Pantai Ngentun, di Bali juga terdapat Pantai Thomas yang bisa Anda kunjungi bagi Anda yang berlokasi di Uluwatu Bali. Walaupun lokasinya yang masih tersembunyi dan sepi pengunjung, tetapi pantai ini menjadi lokasi favorit wisatawan lokal dan mancanegaran untuk bersantai ataupun berselancar. Sama halnya seperti Pantai Ngentun, untuk sampai ke lokasi Pantai Thomas jalan yang harus dilalui cukup sulit karena tidak ada jalan beraspal sehingga bagi Anda yang berkendara mengguanakan sepeda motor harus ekstra hati-hati. Saat sampai lokasi pantai seluruh perjungan yang sudah Anda keluarkan akan terbayar saat melihat pemandangan Pantai Thomas yang sangat indah nan megah. Ombak dipantai ini cukup tinggi sehingga banyak pengunjung memanfaatkannya untuk berselancar maupun berswafoto.

Baca juga  “Grandma Dressing" Fashion Comeback 2019!

5. Tangkahan, Sumatra Utara

image: travel.kompas.com

Lokasi terakhir yang bisa Scarf Media rekomendasikana ialan Tangkahan yang berlokasi di Langkat, Sumatra Utara. Dikenal dengan The Hiden Paradise in Sumatera ini menyajikan penorama alam yang menyejukan serta kesegaran udara yang tidak tersedia di Kota. Bila Anda berkunjung terdapat banyak gajah liar yang bisa Anda mandikan atau tunggangi mengelilingi hutan. Wahh kebayang kan serungnya main sama gajah.

Kini bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin mengunjungi Tangkahan sebagai destinasi liburan harus melakukan reservasi online. Hal ini lakukan guna membatasi jumlah pengunjung yang memasuki area lokasi wisata mengacu pada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pengunjung yang ingin melakukan reservasi online minimal H-1 kedatangan. Namun, untuk melakukan pembayaran retribusi tetap harus bayar ditempat.

Bagi Scarf Lover yang sudah menentukan destinasi liburannya, tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan ya. (DA)

Translate »