Selandia Baru Akhirnya Telah Bebas Dari Virus Corona

10

Telah dipastikan tidak ada penambahan jumlah kasus, akhirnya Selandia Baru telah menyatakan bahwa negaranya bebas dari virus Corona.

Karena telah terbebas dari penularan virus ini lah, membuat Selandia Baru sudah tidak memiliki aturan pembatasan jarak sosial. Hanya saja memang perbatasan masih tetutup bagi orang asing.

Pengumuman bebas Covid-19 Selandia Baru ini diungkapkan langsung oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern.

“Sementara kita berada di posisi yang lebih aman, lebih kuat, masih belum ada jalan yang mudah untuk kembali ke kehidupan pra-Covid, tetapi tekad dan fokus yang kita miliki pada respons kesehatan kita sekarang akan menjadi hak dalam pembangunan kembali ekonomi kita. Meskipun pekerjaan ini tidak selesai, tidak dapat disangkal ini adalah tonggak sejarah. Jadi, bisakah aku menyelesaikannya dengan sangat sederhana, ‘Terima kasih, Selandia Baru'” ujar Arden Ardern.

Melansir bbc.com, Selandia Baru telah melakukan lockdown sejak 25 Maret 2020 dan memutuskan untuk menutup sebagian besar bisnis dan sekolah. Seluruh warganya diminta untuk berada di dalam rumah selama lebih dari lima minggu.

Disiplinnya warga, membuat Selandia baru cepat naik level aman pada bulan April. Setelah hal tersebut memang diketahui bahwa telah menurunnya jumlah penularan kasus Covid-19 pada pertengahan Mei.

Hingga akhirnya diketahui pada bulan Juni sudah tidak ada kasus penularan lagi, dengan bangga Selandia Baru mengumumkan negaranya bebas Covid-19 dan memutuskan bahwa hal-hal yang dibatasi  sebelumnya, sudah bisa diberlakukan lagi. (AA)