Laju Penyebaran Covid, Jakarta Pusat Menjadi Daerah Kasus Tertinggi

9

Menyikapi laju pertumbuhan pandemi Covid yang masih belum stabil, Dewi Nur Aisyah selaku anggota Dewan Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memberikan pemaparan terkait daftar-datar daerah yang memiliki jumlah kasus penyebaran tertinggi langsung dari Istana Kepresidenan dalam konferensi pers.

Terdapat 10 Kabupaten/Kota dengan penyebaran kasus Covid-19 tertinggi, diantaranya.

  1. Jakarta Pusat
  2. Kota Jayapura
  3. Kota Surabaya
  4. Kota Banjarmasin
  5. Kota Mataram
  6. Luwu Timur
  7. Mimika
  8. Kota Manado
  9. Jayapura
  10. Kota Makassar

Melihat kota Jakarta menjadi daerah dengan kasus penularan Covid, Dewi mengatakan bahwa kita harus melihat jumlah penduduk untuk melihat laju pertumbuhan kasusnya.

“Ini adalah PR kita bersama dan monitoring kita bersama bagaimana kita dapat bergerak menuju perbaikan daerah-daerah yang memiliki laju penularan tinggi” ujar Dewi

Data-data yang telah dipaparkan oleh Dewi berasal dari sistem Bersatu Lawan Covid, yakni sebuah sistem yang dikembangkan oleh Gugus Tugas sejak pertengahan Maret 2020.

Tujuan dari adanya sistem Bersatu Lawan Covid adalah untuk mempercepat alur pelaporan data dari daerah sampai dengan pusat dan menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan daerah-daerah rawan yang ada di Indonesia.

“Seluruh data yang dikumpulkan melalui puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan dan laboratorium masuk ke dalam sebuah sistem yang kita bilang Bersatu Lawan Covid. Data ini kita olah, kita analisis dan hasilnya dapat kita keluarkan dalam bentuk grafik dan informasi, dimana seluruh Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Daerah dapat melihat data tersebut dalam stau dashboard analisis yang sama dengan Gugus Tugas atau Pemerintah Pusat” ujar Dewi menjelaskan. (AA)