Cara dr. Tirta Mendidik Anak

5

Terkenal tegas dan suka ngegas di media sosial, tentu masih banyak yang penasaran dengan sikap asli dari dr. Tirta.

Pada event Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020 kemarin, ia mengatakan bahwa dirinya yang asli memang demikian, tegas dan suka speak up.

Karena menurutnya, selama kita semua sedang memperjuangkan sebuah kebenaran, tentu kita harus memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh.

“Karena kalo selamanya kita diam, dan gak berani speak up, ya siapa yang mau bicara?” ujar dr. Tirta

Terkait dengan sifatnya yang tegas, ternyata hal tersebut juga diajarkan pada anak-anaknya. dr. Tirta mengatakan bahwa ia memberikan kebebasan pada anaknya selama hal tersebut baik.

Ia juga mengajarkan pada anaknya hal-hal yang pernah ia dapat juga sebelumnya.

“Anak saya minta mainan, saya harus minta pertanggungjawaban, kenapa kamu harus minta mainan? Saya juga membiasakan dia untuk meminta maaf jika salah, jadi saya gak buru-buru memarahi karena gak boleh. Saya benar-benar mendidik mereka kayak saya didik adik saya sendiri, dan ternyata mereka mendapatkan itu.”

Tirta juga mengatakan bahwaa “didiklah anakmu bukan sebagai anak kecil, tapi didiklah dia menjadi seperti orang dewasa. Jadi ajak ngomong aja karena anak kecil suka diajak ngobrol. semakin kamu bicara soal pengetahuan di depan dia, dia tuh ngerti. Anak kecil itu definisinya bermain. Jadi biarkan mereka ngerti dulu, baru nanti kita masukin pelan-pelan, jangan buru-buru di gas”. (AA)