Tips Jaga Kebersihan agar Terhindar dari Kuman

Menjaga kebersihan dimana pun dan kapan pun memang sangat penting. Apalagi disaat seperti ini, proses dari penyebaran virus covid-19 bisa terjadi sangat cepat walaupun tidak langsung terdeteksi. Jadi, sebisa mungkin bagi Anda dan keluarga untuk selalu menjaga kebersihan, minimal dimulai dari rumah.

Ini kiat-kiat membersihkan dan melindungi diri dari penyebaran kuman dan virus seperti yang dilansir dari laman cdc.gov.

  1. Karpet, Sofa dan Tirai
image: freepik.com

Bersihkan permukaan menggunakan sabun dan air atau pembersih yang sesuai untuk digunakan pada bahan ini. Usahakan untuk selalu mencuci barang-barang tersebut. Cuci dengan menggunakan air hangat lalu jemur hingga benar-benar kering. Cara lain bisa dengan menyemprotkan disinfektan rumah tangga secara rutin untuk melawan adanya penyebaran virus.

Baca juga  Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Flu dan Pilek

 

  1. Barang elektronik
image: freepik.com

Misalnya seperti ponsel, tablet, keyboard, atau pun remot televisi. Barang-barang ini bisa dikatakan selalu berkontak langsung dengan tangan kita. Jadi, sebisa mungkin untuk rutin membersihkan barang tersebut dengan menggunakan disinfektan atau minimal dengan tisu dan alkohol 70%.

 

  1. Bahan Kain
image: freepik.com

Contohnya seperti pakaian, handuk dan barang-barang lain. Selalu cuci dengan bersih, apalagi saat sebelumnya pakaian tersebut sudah pernah dipakai keluar walau sebentar. Bila memungkinkan, cuci dengan sarung tangan. Selepasnya jangan lupa untuk cuci tangan

Baca juga  6 Hal yang Membuat Kacau Hidup Sehat Anda

 

  1. Rajin Mencuci Tangan
image: freepik.com

Sudah banyak sekali himbauan agar kita selalu rajin mencuci tangan, jadi sebaiknya taati dengan mencuci tangan sesering mungkin, apalagi saat setelah Anda batuk dan bersin. Lakukan selama 20 detik dengan sabun dan air yang mengalir. Jika Anda sedang dalam keadaan darurat, bisa juga untuk menggunakan hand sanitizer. Karena tangan adalah sumber kuman, jadi usahakan untuk tidak menyentuh area wajah dengan tangan.

Mudah kan? Yuk sama-sama dijalani agar kita terhindar dari virus! (AA)

 

Translate »