Rajin Sholat Dhuha, Ini Hikmah yang Anda Dapat

Selain menjalankan ibadah wajib seperti contohnya sholat lima waktu, sebagai umat muslim kita juga sebaiknya menjalankan ibadah sunnahnya. Salah satunya adalah sholat sunnah.

Sholat sunnah adalah sholat yang dilakukan pada waktu pagi hari. Ketika matahari terbit hingga menjelang datangnya waktu dzuhur.

Ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang di dapatkan jika kita melakukan sholat dhuha. Dilansir dari islam.nu.or.id, ini lah hikmah serta manfaatnya.

  1. Mendapat Ampunan Dosa

Rasulullah telah bersabda seperti yang di riwayatkan At-Tarmidzi bahwasanya orang yang rajin dan membiasakan diri untuk sholat dhuha, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT mekipun sebanyak buih di lautan.

Baca juga  Pakai Masker Saat Solat, Bolehkah?

من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر

Artinya, “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  1. Tidak Dianggap Orang Lalai

Cara agar terhindar dari sifat lalai adalah dengan menunaikan ibadah sholat dhuha. Karena pasti setiap orang tidak ingin dirinya dianggap lalai dalam mencari keberkahan serta rahmat dari Allah SWT. Seperti salah satu sabda Rasulullah SAW.

من صلى الضحى ركعتين لم يكتب من الغافلين

Baca juga  Setelah Sahur Langsung Tidur, Sehatkah ?

Artinya, “Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

  1. Sebagai Bagian dari Sedekah

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

يصبح على كل سلامي من أحدكم صدقة، وأمر بالمعروف صدقة، ونهي عن المنكر صدقة، ويجزئ عن ذلك ركعتان يركعهما من الضحي

Artinya, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at,” (HR Muslim).

Sudah kah Anda sholat dhuha hari ini? (AA)

Translate »