Manfaat Konsumsi Nasi Merah Bagi Kesehatan

Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia termasuk Anda pastinya. Kerap menjadi wajib pada setiap hidangan, maka tidak lengkap apabila makan jika tidak ada nasi. Nasi yang digunakan pada umumnya pun adalah nasi putih yang bisa dengan mudah ditemukan dimana saja.

Akan tetapi, nasi putih ternyata memiliki kadar gula yang tinggi lho, Scarf Lover. Hal itu lah yang membuat beberapa penderita penyakit seperti diabetes dan jantung disarankan untuk mengurangi konsumsi nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah.

Nasi merah memiliki rasa yang tidak biasa bila dibandingkan dengan nasi putih. Salah satu contoh, pada saat dikunyah, nasi merah cenderung terasa lebih kasar dan memiliki aroma yang berbeda dengan nasi putih. Namun demikian, nasi merah sebenarnya jauh lebih sehat dan sering direkomendasikan untuk dikonsumsi para penderita penyakit. Selain itu, tentu ada manfaat lain dari nasi merah. Dilansir dari, emedihealth.com, inilah manfaat mengonsumsi nasi merah.

Baca juga  Waspadai Hoarding Disorder: Gangguan Menimbun yang Perlu Diperhatikan
image: freepik.com
  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat yang ada pada beras merah dapat membantu menurunkan faktor risiko kardiovaskular dan penanda inflamasi. Hal ini yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Mengontrol Gula Darah

Pasti Anda berpikir jika penderita gula atau diabetes sebaiknya hindari untuk makan nasi. Mungkin pikiran tersebut harus dihilangkan karena penderita diabetes sebenarnya masih bisa mengonsumsi nasi. Namun diganti dengan nasi merah. Karena kandungan gula yang ada pada nasi merah cukup rendah dibandingkan dengan nasi putih.

  1. Rendah Kolesterol
Baca juga  Jadi Versi Terbaikmu !

Kandungan serat larut dan minyak dalam beras merah telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat. Itulah alasan mengapa banyak orang mengonsumsi nasi merah dibanding nasi putih karena untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Nasi merah mengandung banyak vitamin, mineral dan senyawa tanaman kuat yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, tingginya antioksidan pada beras merah juga dapat membantu melawan radikal bebas.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih. Hal itu yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tentunya menghindari Anda untuk makan dengan porsi yang banyak. Selain dapat membuat kenyang lebih lama, serat juga bisa memperlancar pencernaan Anda. (AA)

Translate »