Keistimewaan Salat Tahajud yang Harus Anda Tahu

Tahajud bisa dikatakan sebagai sholat sunnah yang sangat istimewa karena sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam. Dikatakan istimewa karena disaat orang lain nyenyak terlelap dalam tidur, tetapi masih ada orang yang ikhlas dengan sengaja untuk bangun dan melaksanakan salat tahajud.

Salah satu syarat jika ingin melakukan salat tahajud adalah dengan Anda harus tidur terlebih dahulu. Meskipun masuk dalam kategori sunnah, tapi jangan salah, sholat tahajud menyimpan banyak keistimewaan dan keuntungan bagi orang-orang yang menunaikannya.

Melansir dari islam.nu, berikut ini merupakan keistimewaan dari ibadah salat tahajud.

  1. Salat malam adalah salat yang paling utama setelah salat lima waktu. Sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik salat setelah salat fardlu adalah salat malam” (HR Muslim).

  1. Jika salat malam dibandingkan dengan salat siang, adalah seperti keutamaan dalam sedekah. yang dilakukan secara diam-diam dengan yang dilakukan secara terang-terangan. Sabda Rasulullah:
Baca juga  Fenomena Pamer Harta di Media Sosial Kian Marak, Ini Nasihat dari Rasulullah

فَضْلُ صَلَاةِ اللَّيْلِ عَلَى صَلَاةِ النَّهَارِ كَفَضْلِ صَدَقَةِ السِّرِّ عَلَى صَدَقَةِ الْعَلَانِيَةِ

Artinya: “Keutamaan salat malam dibanding salat siang seperti keutamaan sedekah sirr dibandikan dengan sedekah terang-terangan. (Hilyatul Auliya’, juz 4, hlm. 167)

  1. Melakukan salat malam adalah ciri khas orang shalih.

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ

“Hendaknya kalian melakukan salat malam, karena salat malam adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya salat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan.” (Sunan At-Tirmidzi: 3549)

 

  1. Allah membanggakan dengan malaikat tentang hambanya yang melakukan salat tahajud. Sebuah atsar disebutkan:
Baca juga  Hukum Membaca Basmallah Saat Mulai Berwudu

إن الله يعجب من العبد إذا قام من على فراشه وبين أهله إلى صلاته ويباهى به ملائكته ويقبل عليه بوجهه الكريم.

Artinya: “Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba tersebut berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju salat dan Allah menerima hamba tersebut.” (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], hlm. 40-41).

  1. Do’a yang dipanjatkan saat salat malam pasti akan diwujudkan oleh Allah SWT. Hadist Rasulullah:

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: “Sesungguhnya di dalam malam terdapat waktu yang jika ada seorang muslim meminta kepada Allah dengan kebaikan baik urusan dunia maupun akhirat, pasti Allah akan memberikannya. Dan waktu tersebut adalah sepanjang malam.” (HR Muslim) (AA)

Translate »