Ini Alasannya Mengapa Harus Tunda ke Dokter Gigi Saat Pandemi

Pada sesi awal hari pertama Muslimah Creative Stream Fest 2020, talkshow diisi dengan narasumber dari para dokter muda yang berbakat. Salah satunya adalah drg. Vita Nurvitasari. Pada sesi talkshow kesehatan tersebut drg. Vita memberikan penjelasan mengenai kenapa kita semua tidak diperbolehkan untuk konsultasi ke dokter gigi di masa pandemi seperti sekarang ini. Karena ternyata, hal tersebut bisa berbahaya apabila tidak menggunakan pengamanan yang tepat.

“Jadi memang rongga mulut ini adalah gerbang utama kita mengolah makanan. Jadi pasti rongga mulut adalah hal yang penting yang harus kita jaga apalagi di masa pandemi ini para dokter gigi tidak bisa praktik. Karena penularan utama virus corona dari droplets, dimana droplets ini ada di saluran pernafasan dan terutama air liur kita yang ada di rongga mulut kita,”

Lebih lanjut drg, Vita menambahkan, “sedangkan droplets ini kan tidak terlihat sama sekali karena memang droplets kan adalah partikel kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata dan apalagi dokter gigi menggunakan mur kecepatan tinggi. Dimana partikel droplets tadi membuat partikel yang lebih kecil lagi yang dinamakan airborne yang mana airborne ini bisa berterbangan diudara dan apabila si partikel ini bertebangan, bisa membawa virus Covid-19 dan bisa bertahan di udara selama 8 jam,” jelas drg. Vita.

Baca juga  7 Cara Menghentikan Keinginan Makan Gula

Selain itu juga dr. Vita Nurvitasari menjelaskan beberapa kriteria pasien yang bisa mengunjungi dokter gigi untuk melakukan konsultasi. Karena memang perlu adanya penanganan khusus pada pasien yang memang memiliki kasus emergency.

“Jadi sekarang kita membuat kriteria pasien yang bisa ditangani oleh dokter gigi. Jadi aku jelasin dulu tindakan emergency apa yang bisa dilakukan. Untuk sekarang ada tindakan yang bisa dilakukan, yaitu apabila pasien merasakan nyeri yang sangat hebat, itu sudah harus ke dokter gigi. Di dokter gigi ada beberapa tahapan yang akan dilakukan karena prosedur pengamanannya lebih meningkat. Atau mungkin bisa dengan melakukan konsultasi dengan dokter online dan nanti dokter akan meresepkan analgetik. Kemudian ada beberapa alternatif pengobatan secara tradisional seperti berkumur dengan air garam karena itu digunakan sebagai antiseptik alami dan bisa membantu peradangan yang ringan. Selanjutnya bisa dibantu dengan edukasi, mengajarkan cara menjaga kesehatan gigi, cara menyikat gigi dengan benar dan juga menyikat gigi di waktu yang benar.” ujarnya lagi.

Baca juga  5 Buah Ini Ampuh Putihkan Gigi Secara Alami

Wah Scarf Lover, ternyata banyak sekali ya tips-tips penting mengenai kesehatan gigi dan mulut, apalagi sedang dimana pandemi seperti saat ini. Yuk jangan lupa bagi Anda semua untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut ya agar tetap sehat selama pandemi ini. (AA)

Translate »