Belajar Bersyukur Saat Ramadan di Tengah Pandemi

Bisa dikatakan, Ramadan tahun ini sangat amat berbeda daripada Ramadan sebelumnya. Dulu, kita bisa dengan bebas menggelar acara buka puasa bersama, solat tarawih di masjid, jalan-jalan sore untuk sekedar mencari takjil untuk berbuka, atau bahkan ada yang memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa di kampung halaman.

Namun itu semua, tidak lagi bisa kita lakukan untuk sementara. Dengan sangat berat hati, kita harus meninggalkan kegiatan itu semua, dan ntah harus berapa lama lagi menunggu pengumuman bahwa kita bisa dengan bebas keluar rumah tanpa rasa khawatir.

Pandemi ini, membuat kita semua berubah. Berubah dari yang merasa sangat gembira menyambut bulan Ramadan, menjadi rasa khawatir dan terus menerka-nerka kapan semua ini berakhir. Pandemi ini berdampak pada semua orang. Dari mulai kehilangan pekerjaan sampai membuat para perantau terpaksa menahan rindu pada orang tua dan kampung halaman.

Baca juga  Inilah Adab Memuji Orang Lain Dalam Islam

Tapi, sebagai muslim kita harus yakin, harus kuat bahwa segala hal yang terjadi sekarang, tentu sudah menjadi takdir Allah. Tugas kita sekarang, harus terus bersyukur dan tetap berusaha. Ikuti arahan pemerintah agar semua bisa kembali pulih.

Tidak mungkin Allah SWT memberikan ujian yang tidak bisa dilewati dan diatasi oleh hambanya. Karena Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Bila melihat sisi lain dari adanya pandemi saat Ramadan yang membuat kita semua hanya bisa #DirumahAja, seharusnya tidak ada alasan untuk kita tidak bersyukur. Bersyukur karena menjadi lebih sering buka puasa dengan keluarga di rumah, bersyukur bisa sholat berjamaah dan tadarus bersama, serta beryukur karena memiliki kegiatan-kegiatan yang mungkin sebelumnya jarang bisa kita lakukan bersama keluarga karena kesibukan masing-masing.

Baca juga  Ini Lho Maksudnya Hadits "Tidur Orang Berpuasa adalah Ibadah"

Tidak akan ada habisnya jika kita hanya bisa mengeluh pada keadaan. Sekarang yang paling penting rajin-rajin bersyukur, InsyaAllah semua akan jadi berkah. Jadi, tanamkan pada pikiran bahwa apa yang terjadi sekarang, akan membentuk pribadi yang lebih kuat dan matang.

Semangat ya, Scarf Lover. Jangan lupa untuk bersyukur hari ini! (AA)

Translate »