5 Alasan Mengapa Nafas Anda Kurang Segar

149

Nafas yang kurang segar membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Nafas yang kurang segar seperti yang dilansir oleh health.com disebabkan oleh bakteri yang terjadi secara alami di mulut kita memecah partikel makanan yang melekat di antara gigi kita, sepanjang garis gusi dan terutama, di lidah.

Proses ini lah yang melepaskan banyak senyawa yang menyebabkan nafas menjadi kurang segar. Meskipun kita tidak pernah lupa untuk menyikat gigi rutin setiap hari, ternyata masih ada alasan lain mengapa nafas kita menjadi kurang segar.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Berbau

Ternyata makanan juga ada yang menyebabkan nafas kurang segar lho Scarf Lover. Misalnya bawang putih dan bombay. Meskipun membuat olahan makanan menjadi lebih lezat sayangnya akan membuat kita tidak percaya diri setelah makan. Selain itu, kubis, kembang kol dan lobak juga bisa jadi pemicu karena memiliki aroma menyengat.

image: freepik.com
  1. Anda Belum Makan Seharian

Sesibuk apapun Anda, disarankan untuk tidak pernah menunda makan. Selain akan membuat asam lambung naik, nafas akan berubah menjadi tidak segar. Saat tidak ada makanan yang masuk ke dalam mulut, artinya kita tidak bisa menghasilkan air liur. Air liur penting karena sifatnya tidak hanya membersihkan tapi juag memecah makanan untuk membantunya meluncur ke bawah tenggorokan kita lebih mudah

 

  1. Diet Rendah Karbohidrat

Saat sedang menjalankan diet rendah karbohidrat, banyak orang mengalami peningkatan kadar halitosis. Itu yang menyebabkan nafas menjadi bau atau kurang segar.

  1. Sedang Menggunakan Perawatan Doket Gigi

Saat memutuskan untuk melakukan perawatan gigi seperti memakai kawat gigi, tentu Anda juga harus selalu memperhatikan kebersihannya setiap hari. Karena sisa-sisa makanan akan lebih mudah menempel pada kawat. Selain itu menggunakan perawatan gigi seperti kawat cenderung lebih tinggi memiliki masalah plak.

 

  1. Radang Tenggorokan

Saat panas dalam, biasanya akan menimbulkan masalah sariawan dan juga radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan sebuah infeksi bakteri. Beberapa infeksi ini juga terkait dengan jenis bakteri tertentu yang diketahui menjadi salah satu penyebab nafas anda tidak sedap. (AA)