5 Obat Radang Tenggorokan dari Bahan Alami

Sakit tenggorokan sering menimbulkan gejala tak nyaman seperti batuk dan rasa gatal. Hla ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang mengganggu kinerja beberapa bagian tubuh Anda.

Ada banyak jenis bahan alami yang bisa meredakan bahkan menyembuhkan sakit tenggorokan yang Anda alami. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 bahan alami yang bisa mengobat radang tenggorokan.

  1. Air Garam

Kandungan garam bisa membunuh bakteri dan kumah sera virus. Campurkan garam dengan air hangat dan kumur Selma 30 detik kemudian buang. Lakukan hal ini minimal 1 jam sekali agar bakteri dan virus segera pergi dan tidak akan menggangu tenggorokan Anda.

  1. Peppermint

Kandungan mentol di dalam peppermint dipercaya memiliki khasiat anti inflamasi, anti bakteri dan meredakan dahak berlebih pada batuk. Obat radang tenggorokan alami ini dikonsumsi dengan menggunakan peppermint oil dan dicampur dengan minuman hangat.

  1. Madu
Baca juga  Apakah Lebih Baik Tidur 1 Hingga 2 Jam Atau Tidak Sama Sekali?

Madu merupakan bahan alami yang banyak digemari oleh manusia. Sebab, madu memiliki kaya manfaat untuk tubuh manusai. Madu memiliki enzim glucoseoxidase yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan antiseptik. Madu juga menyelimuti bagian radang tenggorokan yang kering dan gatal sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman.Anda bisa konsumsi langsung 1-2 sdm madu atau campurkan dengan teh, air hangat, atau susu hangat.

Madu Manuka sering digunakan untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Madu khusus ini memiliki kadar nutrisi 4 kali lebih banyak dari madu biasa. Madu Manuka juga kaya akan antioksidan dan properti anti-bakteri, sehingga digunakan khusus untuk membantu strep throat. Penting diingat, jangan memberikan madu untuk anak dibawah usia 1 tahun karena madu memiliki bakteri khusus yang tidak baik untuk anak dalam usia tersebut.

  1. Bawang Putih
Baca juga  Greenfields Gandeng Psikolog, Ajak Masyarakat Jalani Hidup Baik

Kandungan anti bakteri yang ada di bawang putih bisa menyembuhkan batuk serta radang tenggorokan. Caranya, kunyah bawang putih mentah dan untuk menghilangkan bau bawang putih di mulut, Anda bisa mengonsumsi susu murni ya ScarfLover!

  1. Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) merupakan produk antibakteri natural. Tingkat keasaman cuka apel dapat membantu meredakan dahak pada tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Ambil cuka apel 1 sendok makan, kemudian minum air setelah mengonsumsi cuka tersebut. Cara lain bisa dengan melarutkan cuka apel 2 sdm dengan segelas air dan kumur setiap hari.(YA)

Translate »