4 Cara Merawat Wajah Berjerawat

Merawat wajah berjerawat atau sedang breakout memang tidak mudah. Membutuhkan banyak skincare dan waktu untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Breakout terjadi karena kulit sedang meradang dan bisa juga oleh beberapa faktor, bisa dari faktor hormon, lingkungan, dan jenis kulit (berminyak dan kombinasi).

Selain pemakaian skincare ini lah 4 cara merawat kulit berjerawat.

1. Pilih Produk Yang Tepat

Pilihlah produk pembersih muka yang tepat. Pembersih muka harus mempunyai formula yang dapat menghilangkan jerawat dan mempunyai kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid. Hati – hati juga dalam memilih make up, beberapa make up dapat membuat pori – pori tersumbat yang akan menyebabkan jerawat. Dan perhatikan pula produk rambut, seperti shampoo dan conditioner, jika terkena kulit dapat menghalangi pori – pori yang menyebabkan jerawat.

2. Jauhkan Tangan !

Tangan mengandung berbagai bakteri dan kotoran. Jika kita selalu memegang kulit muka yang berjerawat, akan menyebabkan penyebaran jerawat dan peradangan.

3. Ubahlah Cara Merawat Kulitmu

Jika kulitmu sedang berjerawat atau meradang jangan menggunakan scrub terlalu sering, karena scrub akan menyebabkan kulit kering lebih cepat dan pori – pori terbuka, sehingga bakteri mudah masuk ke wajah. Dan dapat membuat kulit terluka dan meninggalkan bekas.

Ganti handuk kotormu secara teratur. Jika menggunakan handuk yang kotor untuk cuci muka akan menyebabkan jerawat jadi lebih meradang. Sebisa mungkin ganti handuk seminggu sekali.

Lebih pintar dalam memilih makanan. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Perbanyaklah makan sayur dan buah, karena buah dan sayur mengandung antioxidant yang dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki kulit menjadi lebih sehat.

Banyak minum air putih, karena dengan menjaga kulit tetap terhidrasi dapat menghilangkan jerawat sedikit demi sedikit dan dapat menjaga kesehatan.

4. Aplikasi Moisturizer

Jerawat terjadi karena peradangan kulit dan moisturizer dapat membuat kulit lebih tenang dan terhidrasi. Itulah kenapa pemilihan moisturizer untuk kulit berjerawat juga sangatlah penting. Pilihlah produk yang oil free, mempunyai terkstur gel, berbahan retinol, berbahan alpha hydroxy acids, dan terdapat SPF.

Jika scarflover melakukan semua ini, jerawat akan hilang dan kulit mulusmu kembali.