Sulap Ruang Tamu Anda Jadi Terasa Lebih Luas Dengan 5 Cara Ini Yuk!

Keterbatasan ruang memang kerap menjadi penghalang utama dalam mewujudkan rancangan rumah impian. Sebut saja, ruang tamu rumah Anda yang hanya memiliki luas tak seberapa dan terbilang cukup sempit. Namun kini Anda tak perlu berkecil hati lagi, karena meski ruang tamu Anda terbilang sempit, bukan berarti desain ruang tamu kecil yang Anda punya tak bisa tampil menarik sekaligus nyaman untuk digunakan beraktivitas, lho!

Karena Scarf media telah merangkum beberapa tips and trik yang bisa Anda tiru untuk membuat desain ruang tamu kecil terasa lebih lega dan tentunya nyaman. Yuk, simak bagaimana cara menyulap desain ruang tamu kecil berikut ini!

Pilih Warna-Warna Terang Untuk Desain Ruang Tamu Anda

Warna-warna cerah memang dipercaya akan membuat suasana ruangan menjadi lebih terbuka dan nyaman. Karena itu, Anda bisa pilih warna-warna cerah seperti kuning, hijau, biru muda dan abu muda untuk mengakali desain ruang tamu Anda agar terkesan lebih luas.

dok by freepik com

Hindari penggunaan warna gelap seperti maroon, biru tua, dan abu tua karena hanya akan membuat ruang tamu Anda terasa semakin sempit.

Coba Pertimbangkan Cermin sebagai Bagian dari Desain Ruang Tamu Kecil

Baca juga  Sewa Satu Studio Bioskop, Irish Bella Umumkan Kehamilan Anak Keduanya!

Selain mendominasikan warna-warna terang dalam desain ruang tamu kecil, Anda juga bisa mencoba alternatif lainnya demi menyulap ruang tamu Anda terlihat lebih luas. Coba untuk pertimbangkan cermin agar ruang tamu Anda tampak lebih leluasa. Anda dapat menempelkan cermin ke dinding untuk memenuhi sisinya atau dipasang sebagai dekorasi rumah. Namun, akan lebih baik jika cermin dalam ruangan cukup besar agar dapat memberikan cukup refleksi untuk efek visual ruangan yang terasa lebih luas dan lapang.

Hindari Pola-pola Yang Berlebihan pada Interior Ruang Tamu Anda

Memilih furnitur dengan berbagai pilihan corak dan pola memang terlihat menarik dan bisa membuat ruangan terkesan lebih hidup. Namun, pada desain ruang tamu kecil, sebaiknya Anda hindari pola-pola yang terlalu berlebihan pada interiornya, karena pola yang berlebihan tersebut justru akan membuat ruang terasa lebih sesak, padat, dan tentunya sempit.

dok by freepik com

Jika Anda memang pecinta beragam pola dan corak, mungkin akan lebih baik jika Anda aplikasikan pola-pola tersebut pada elemen dekoratif lainnya seperti taplak, bantal sofa atau benda kecil lain pada desain ruang tamu kecil milik Anda dan biarkan elemen lainnya tampil polos.

Baca juga  Bahan-bahan Alami Ini Dapat Dijadikan Sleeping Mask

Minimalisir Perabot Pada Ruang Tamu Anda

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa mengurangi jumlah perabot akan membuat desain setiap ruangan akan jauh lebih terasa luas, termasuk pada ruang tamu kecil Anda. Jadi, cobalah untuk mengutamakan perabot-perabot utama saja yang ditempatkan pada ruang tamu Anda. Dengan begini, Anda juga akan menekan biaya membeli perabotan rumah lho!

dok by pixabay

Pilihlah perabot multifungsi dengan ukuran dan detail sesuai keperluan. Konsep minimalis modern tentu cocok untuk desain ruang tamu kecil karena konsep ini mengusung tema simpel untuk semua elemen dalam ruangan.

Pastikan Ruang Tamu Memiliki Pencahayaan Yang Baik

Tips menyulap ruang tamu agar terasa lebih luas yang terakhir ialah pastikan ruang tamu Anda telah memiliki pencahayaan yang baik. Ruangan yang gelap dan kurang pencahayaan cenderung akan menimbulkan kesan ruangan yang sempit dan sesak.

dok by freepik com

Untuk itu, cobalah untuk manfaatkan pencahayaan alami dengan memilih genteng kaca atau jendela yang sesuai agar ruang tamu tampak lebih terbuka dan tentunya terasa lebih luas. (FIA)

Translate »