Perlukah Memasukan Anak Ke Sekolah Bayi?

Anjuran untuk memberikan pendidikan kepada anak sedini mungkin tampaknya membuat para orang tua masa kini antusias untuk menyekolahkan anak-anaknya sejak dini, bahkan pada usia di bawah satu tahun. Sekolah khusus bayi pun kian menjamur di kota-kota besar, sekolah bayi dinilai tepat sebagai tempat untuk menstimulasi saraf-saraf motorik dan sensorik anak.

Sekolah bayi hadir bagi para orang tua yang bekerja diluar rumah sehingga tidak sempat memberikan pendidikan kepada bayinya. Sekolah bayi biasanya juga diperuntukkan bagi orang tua yang tidak memiliki ide bagaimana cara untuk menstimulasi anak. Sekolah bayi adalah tempat dimana para bayi dapat melakukan kegiatan untuk merangsang kemampuan motoriknya seperti belajar berguling, merangkak, berdiri, berjalan, dan sebagainya. Untuk pelatihan saraf sensorik biasanya dilakukan dengan berbicara dengan bayi, bernyanyi, dan membacakan cerita.

Baca juga  10 Alas Bedak Tabur terbaik 2019
dok. Freepik

Sekolah bayi juga dapat merangsang indra perasa bayi dengan mengenalkan bayi kepada berbagai tekstur benda seperti tanah liat, rumput, air, dan tekstur lainnya. Saat bersekolah, bayi juga akan bertemu dengan teman-temannya sehingga dia terbiasa dengan keberadaan orang lain di sekitarmya, hal itu akan menjadi stimulasi soial bagi anak.

Closeup of baby’s legs while standing

Sekolah anak juga membantu para orang tua untuk memantau perkembangan anak dan menstimulasi anak sesuai tahapan tumbuh kembangnya. Melalui pergaulan di sekolah dengan guru dan orang tua lain akan membantu orang tua mengetahui progress anaknya. Orang tua dapat membandingkan bagaimana perkembangan anaknya dengan anak lain yang seusianya. Selain itu, jika ada masalah orang tua juga akan mendapatkan masukan dari gurunya sehingga orang tua menjadi tahu stimulasi apa saja yang diperlukan untuk bayinya.

Baca juga  Bermain Game Memiliki Dampak Positif Bagi Anak!

Namun, jika orang tua dirasa mampu dari segi ilmu dan waktu untuk mendidik anaknya sendiri, maka sekolah bayi tidak diperlukan. Karena pada dasarnya orang tua lebih memiliki ikatan bathin yang kuat dengan anaknya sehingga lebih mengetahui kepribadian anak, dan akhirnya mengerti konsep pendidikan apa yang tepat unuk anaknya.

Jadi kesimpulannya adalah memasukan bayi ke sekolah atau mendidiknya sendiri sama-sama pilihan yang baik. Yang penting dalam masa emasnya, anak mendapatkan pendidikan dasar yang penting bagi masa tumbuh kembangnya. (NP)

Translate »